Pages

Pentingnya Berorganisasi Dalam Kehidupan Kampus

Pentingnya Berorganisasi Dalam Kehidupan Kampus

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia senantiasa berinteraksi dengan manusia lainnya, bahkan cenderung hidup berkelompok atau berorganisasi untuk mencapai tujuan bersama yang tidak mungkin dicapai bila ia sendiri. Interaksi dan kerja sama ini akan terus berkembang dengan teratur sehingga membentuk wadah yang disebut dengan organisasi. Interaksi atau hubungan antar individu-individu dan kelompok/tim dalam setiap organisasi akan memunculkan harapan-harapan. Harapan ini kemudian akan menimbulkan peranan-peranan tertentu yang harus diemban oleh masing-masing individu untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan organisasi/kelompok. Sebuah organisasi memang dibentuk sebagai wadah yang didalamnya berkumpul sejumlah orang yang menjalankan serangkaian aktivitas tertentu secara teratur guna tercapainya tujuan yang telah disepakati bersama. Terlebih dalam kehidupan masyarakat modern, manusia merasa bahwa selain mengatur dirinya sendiri, ia juga perlu mengatur lingkungannya, memelihara ketertiban, mengelola dan mengontrolnya lewat serangkaian aktifitas yang kita kenal dengan manajemen dan organisasi.

Bagi beberapa kalangan mahasiswa, kegiatan organisasi merupakan kegiatan yang membosankan, terlalu ribet, banyak waktu terbuang, dan alasan-alasan lainnya. Mereka kebanyakan tidak suka dengan aturan-aturan yang akan mengikat mereka ketika mereka bergabung dalam organisasi tersebut. Padahal, disamping hal itu semua banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kegiatan berorganisasi. Diantaranya yang bisa kita dapatkan dari berorganisasi dalam kampus adalah ;
  1. Mahasisiwa dapat bersosialisasi dangan baik
  2. Mahasiswa dapat belajar bekerjasama
  3. Mahasiswa bisa sling menghormati dan saling menghargai antar mahasisawa
  4. Mahasiswa dqpqt mempersiapkan diri untuk masa depan
Bagi kalangan mahasiswa seperti kita, organisasi merupakan wadah kita untuk mengembangkan skill di dalam dunia kerja kelak. Tentunya kita semua tidak pernah tahu kedepannya kita akan bekerja dalam bidang apa dan pada bagian apa. Tetapi paling tidak kita telah siap dengan itu semua. Apa saja yang harus kita lakukan didalam bekerja dalam tim, bagaimana cara kita menangani dan mengendalikan suatu permasalahan secara bersama-sama. Hal itu semua akan sangat berguna bagi kita dalam menghadapi dunia pekerjaan.

Seperti contoh, ketika kita turun didalam dunia kerja, tiba-tiba kita mendapatkan amanat dari pemimpin untuk menjadi seorang ketua team dalam suatu kelompok kerja. Nah, disinilah pengalaman berorganisasi kita akan sangat dibutuhkan. Sebagai seorang Leader, kita harus dapat memimpin rekan-rekan kerja kita yang lain untuk selalu kompak. Kitapun akan dituntut untuk berani mengambil suatu keputusan dengan cepat dan tepat tetapi tetap menitikberatkan kepada apa yang dituju.

Dengan terjun dalam kegiatan organisasipun kita juga akan dapat belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain yang baru saja kita kenal. Metode-metode komunikasi pun akan kita dapatkan dalam berorganisasi.


Tag :
kuliah, Kuliah, Ogranisasi, organisasi dalam mahasiswa, pentingnya organisasi, organisasi, kebutuhan organisasi

No comments:

Post a Comment

thank you Bagi teman - teman semua yang telah berkunjung, mohon memberikan secarik komen disini agar blog ini lebih maju kedepannya. Salam Blogger.

Download Minecraft 1.4.6

Minecraft is a sandbox construction game, inspired by Infiniminer, and created by Markus Persson, the founder of Mojang Specific...