Pages

cara membuat user account baru pada LinuxMint

Pada postingan kali ini, saya akan menshare kepada anda semua cara membuat user account baru pada Linux Mint. Pada tutorial ini saya menjelaskan dengan menampilkan beberapa screenshot yang akan lebih memudahkan anda dalam memahami tutorial ini.



Pertama - tama, kita buka dahulu Menu - > Terminal. Kita akan membuat user account pada linux menggunakan terminal.* Yaa, sekalian kita belajar ngoding..hehe :D

kemudian anda login sebagai seorang Super User. Untuk mengakses Super User, anda dapat mengetikkan perintah pada Terminal, sudo su , kemudian klik enter. Lalu anda masukkan password admin anda.


ketika sukses, tanda $ akan berubah menjadi tanda kress "#".
disini saya akan membuat dua buah account baru yang bernama "tijani" dan "sumiati". Untuk membuat sebuah account, anda ketikkan perintah syntax sudo useradd tijani , kemudian untuk membuat passwordnya ketikkan perintah syntax sudo passwd tijani , lalu klik enter. Disini anda ketikkan password yang akan anda gunakan pada user yang telah anda buat.




jika berhasil maka akan muncul keluaran password update successfully.
Ulangi cara diatas untuk membuat account yang kedua.

untuk melihat account yang telah dibuat tersebut, anda dapat membuka menu -> Administration -> Users and Groups


maka akan keluar 2 buah account yang bernama tijani dan sumiati.



kemudian, jika anda ingin membuat kedua account tersebut kedalam sebuah group yang baru, anda dapat melakukan langkah - langkah dibawah ini :
  1. Buka Terminal, kemudian ketikkan syntax : sudo groupadd NAMAGROUP. Pada kali ini saya akan membuat sebuah group yahg bernama JARKOM.
  2. Masukkan nama account kedalam groub yang anda buat dengan mengetikkan syntax berikut : sudo gpasswd -a tijani JARKOM
  3. Jika berhasil maka akan keluar output : Adding user tijani to groub JARKOM.
  4. Ulangi perintah diatas untuk account sumiati.
  5. Untuk melihat hasil buka menu -> administration -> User and Groub -> Properties


Selamat, anda telah berhasil membuat sebuah user account yang baru dan berhasil menjadikan keduanya kedalam satu buah Groub Member yang bernama JARKOM.

1 comment:

thank you Bagi teman - teman semua yang telah berkunjung, mohon memberikan secarik komen disini agar blog ini lebih maju kedepannya. Salam Blogger.

Download Minecraft 1.4.6

Minecraft is a sandbox construction game, inspired by Infiniminer, and created by Markus Persson, the founder of Mojang Specific...