Thursday, January 26, 2012

Resep Membuat Strawberry Cheese Cake

Ada yang menyukai Strawberry cheese cake.?? hmmm..pastinya anda suka semua. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat Strawberry Cheese Cake kepada anda semua, beserta resep - resep yang dapat anda ikuti, silahkan dipelajari :

Bahan :
    200 ml susu cair
    250 gr cream cheese
    90 gr mentega tawar
    6 kuning telur, kocok lepas
    2 sdt kulit jeruk lemon parut
    ½ sdt esens lemon
    200 gr putih telur
    150 gr gula halus

ayak:
    40 gr tepung terigu
    20 gr tepung maizena

Setup strawberry (hiasan) :
    700 gr strawberry ukuran kecil, bersihkan
    50 gr gula pasir halus

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga suhu 180 °C. Siapkan 2 buah loyang oval bervolume 1,5 liter, alasi dengan kertas roti, olesi margarin, taburi terigu. Sisihkan. 
  2. Taruh cream cheese dan susu dalam satu wadah lalu tim di atas panci berisi air di atas kompor dengan api sedang. Aduk-aduk hingga cream cheese menjadi lembut dan tercampur rata dengan susu. Masukkan mentega, aduk hingga leleh. Angkat. Biarkan hingga adonan cream cheese hangat. Masukkan kuning telur kocok, kulit jeruk lemon parut dan esens lemon, aduk rata. Sisihkan. 
  3. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula halus sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku. 
  4. Tuangi adonan susu sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah hingga rata. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, kocok perlahan hingga rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. 
  5. Tuang masing-masing adonan ke dalam loyang panggang selama 40 menit hingga permukaan cake berwarna keemasan. Angkat. Dinginkan. Keluarkan dari loyang. 
  6. Setup strawberry : masak strawberry dan gula di atas api kecil hingga berair dan strawberry lunak. Angkat. Dinginkan. 
  7. Hias setiap permukaan cake dengan setup strawberry. Biarkan sebagian saus mengalir ke sisi kue. 
  8. Sajikan hangat atau dingin.

Strawberry Cheesecake ini dapat juga dipanggang au bain marie yaitu teknik memanggang dengan air (merendam loyang berisi adonan kue ke dalam loyang yang lebih besar yang berisi air panas setinggi ½ loyang adonan kue). Tujuannya agar cake matang dalam keadaan lembab dengan tekstur yang lembut. Beberapa tip pemanggangan dengan cara au bain marie :

  1. Air dalam loyang harus mencapai setengah tinggi loyang kue. 
  2. Sebelum dituang ke loyang, air harus dipanaskan dulu sampai mendidih. Tapi setelah berada dalam oven, air harus dijaga jangan sampai bergolak/mendidih dan tidak masuk ke dalam kue. 
  3. Kalau air kurang dan yang dimasukkan tidak cukup panas, cake tidak akan matang.

No comments:

Post a Comment

thank you Bagi teman - teman semua yang telah berkunjung, mohon memberikan secarik komen disini agar blog ini lebih maju kedepannya. Salam Blogger.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Baca Juga Artikel dibawah ini :

get your Paypal account here..

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
There was an error in this gadget

Subscribe via email

Like This Blog's Posts? Get the Latest of It Directly from your Inbox for Free - Enjoy your Day!

Delivered by FeedBurner