Pages

Cara membuat Kalkulator GUI Java

Java GUI Kalkulator. Pada postingan kali ini, saya akan menshare kepada anda cara membuat kalkulator sederhana berbasis Java. Kalkulator yang saya buat kali ini menggunakan JAVA GUI, jadi terdapat sistem interface pada aplikasi kalkulator ini. Mari disimak lebih lanjut. :)

Pada kalkulator ini, anda akan dihadapkan dengan 2 field yang dapat anda tulis angka didalamnya, kemudian pada bagian bawah terdapat button - button tambah, kurang, kali, bagi, dan sisa bagi. Ketika anda klik salah satu button tersebut, maka akan keluar hasil dari penghitungan antar 2 buah field diatas sesuai dengan button yang anda klik. Berikut adalah screenshotnya :


Dan berikut ini adalah source code program tersebut :


/**
 *
 * @author yoga
 */
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;



class kalkulator1 extends JFrame implements ActionListener {

JLabel lbNilai1 = new JLabel("Masukkan Nilai 1");
JLabel lbNilai2 = new JLabel("Masukkan Nilai 2");
JLabel lbNilai3 = new JLabel("Hasil");
JLabel lbHasil = new JLabel();

JTextField txNilai1 = new JTextField();
JTextField txNilai2 = new JTextField();
JTextField txHasil = new JTextField();

JButton tbh = new JButton("Tambah");
JButton krg = new JButton("Kurang");
JButton kl = new JButton("Kali");
JButton bg = new JButton("Bagi");
JButton sisa = new JButton("Sisa Bagi");
JButton close = new JButton("Close");
JButton reset = new JButton("Reset");
JPanel panel = new JPanel();



kalkulator1()
{
    setTitle("Kalkulator Sederhana");
    setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    setSize(400,400);
    setLocationRelativeTo(null);

    panel.setLayout(null);
    lbNilai1.setBounds(10,10,120,30);
    txNilai1.setBounds(130,10,120,30);
    lbNilai2.setBounds(10,50,120,30);
    txNilai2.setBounds(130,50,120,30);
    lbNilai3.setBounds(10,100,120,30);
    txHasil.setBounds(130,100,120,30);

    tbh.setBounds(10,150,100,30);
    tbh.addActionListener(this);
    krg.setBounds(120,150,100,30);
    krg.addActionListener(this);
    kl.setBounds(230,150,100,30);
    kl.addActionListener(this);
    bg.setBounds(340,150,100,30);
    bg.addActionListener(this);
    sisa.setBounds(450,150,100,30);
    sisa.addActionListener(this);
    close.setBounds(170,200,100,30);
    close.addActionListener(this);
    reset.setBounds(290,200,100,30);
    reset.addActionListener(this);
    panel.add(lbNilai1);
    panel.add(txNilai1);
    panel.add(lbNilai2);
    panel.add(txNilai2);
    panel.add(lbNilai3);
    panel.add(txHasil);
    panel.add(tbh);
    panel.add(krg);
    panel.add(kl);
    panel.add(bg);
    panel.add(sisa);
    panel.add(close);
    panel.add(reset);
    reset.setBounds(290,200,100,30);

    getContentPane().add(panel);

//ok.addActionListener(this);
}



public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
    double a,b,hasil;
    if (e.getSource()==tbh)
    //fungsi pertambahan
    {
        a=Double.parseDouble(txNilai1.getText());
        b=Double.parseDouble(txNilai2.getText());
        hasil=a+b;
        txHasil.setText("Hasil =");
        txHasil.setText(""+ hasil);
    }
    else if(e.getSource()==krg)
    //fungsi perkurangan
    {
        a=Double.parseDouble(txNilai1.getText());
        b=Double.parseDouble(txNilai2.getText());
        hasil=a-b;
        txHasil.setText("Hasil =");
        txHasil.setText(""+ hasil);
    }
    else if(e.getSource()==kl)
    //fungsi perkalian
    {
        a=Double.parseDouble(txNilai1.getText());
        b=Double.parseDouble(txNilai2.getText());
        hasil=a*b;
        txHasil.setText("Hasil =");
        txHasil.setText(""+ hasil);
    }
    else if(e.getSource()==bg)
    //fungsi pembagian
    {
        a=Double.parseDouble(txNilai1.getText());
        b=Double.parseDouble(txNilai2.getText());
        hasil=a/b;
        txHasil.setText("Hasil =");
        txHasil.setText(""+ hasil);
    }
    else if(e.getSource()==sisa)
    //fungsi mod atau sisa pembagian
    {
        a=Double.parseDouble(txNilai1.getText());
        b=Double.parseDouble(txNilai2.getText());
        hasil=a%b;
        txHasil.setText("Hasil =");
        txHasil.setText(""+ hasil);
    }
    else if(e.getSource()==close)
    {
        System.exit(0);
    }
}

public static void main(String[] args) {
    kalkulator1 padanya=new kalkulator1();
    padanya.setSize(600,300);
    padanya.setVisible(true);
    }
}


Selamat mencoba.!!

KW :
java, GUI, java gui, cara membuat kalkulator, kalkulator java, GUI Kalkulator, membuat kalkulator dengan java, kalkulator dengan java.

2 comments:

  1. top gan... ane ngmpung codit(copy n edit) y
    jgn lp blogwalking

    ReplyDelete
  2. hehehe,,, sip gan. moga bsa bermanfaat ilmu x.. ;)

    OK deh lo gtu..
    blogwalking today..

    ReplyDelete

thank you Bagi teman - teman semua yang telah berkunjung, mohon memberikan secarik komen disini agar blog ini lebih maju kedepannya. Salam Blogger.

Download Minecraft 1.4.6

Minecraft is a sandbox construction game, inspired by Infiniminer, and created by Markus Persson, the founder of Mojang Specific...